Laman

Jumat, 24 Januari 2014

Bunda Piara

Bunda Piara

Penggubah:Pak Dal ( Daljono )
Bila kuingat lelah
ayah bunda
Bunda piara piara akan daku
sehingga aku besarlah
Waktuku kecil hidupku
amatlah senang
senang dipangku dipangku dipeluknya
serta dicium dicium dimanjakan
namanya kesayangan

Ada seorang teman sharing tentang mamanya yang sudah tua, sakit - sakitan, tetapi cerewetnya minta ampun. Dalam ceritanya, mamanya bertingkah seperti anak kecil, meskipun sudah harus duduk di kursi roda, tetapi masih suka pergi ke salon, jalan ke mall, dan selalu marah kalau keinginan tidak dipenuhi. Dan bila sudah merajuk, si Mama akan curhat ke anak lainnya jadi seolah mengadu domba. 

Saya sedih mendengar beban pergumulan teman ini. Tetapi saya lebih sedih dengan kondisi yang melilit keluarga mereka. Saya tidak berkata bahwa teman saya tidak mengasihi mamanya, sebaliknya, dia mengasihi mamanya, hanya tidak sanggup menghadapi "tingkah" orang tua tersebut.

Tahukah saudara, bahwa dalam aging process, otak manusia juga mengalami kemunduran karena ukuran yang mengecil (atropi). Dengan begitu, sudah jelas ada beberapa fungsi yang mengalami kemunduran, bahkan hilang. Dapat dimaklumi, semakin tua usia seseorang, dengan otak yang mengalami proses aging, terjadi perubahan tingkah laku yang tidak lagi rasional.

Saat kita kecil, mama dengan sabar mengganti popok kita. Apalagi saat saya masih bayi belum ada pampers. Sabar menghadapi kenakalan saya. Mengajari saya berbicara dengan benar. Menjawab pertanyaan - pertanyaan saya dengan sabar meskipun itu adalah pertanyaan yang sama. Tetap mengejar saya untuk makan meskipun saya menutup mulut erat - erat. 
Saat mama menua, mama juga menanyakan hal yang sama setiap kali, dan kita sering kali menjadi tidak sabar. Ketika otot kandung kemih sudah tidak kuat lagi, dan mesti memakai pampers, kita lebih suka menggaji suster untuk menggantikan popok mama. Kalaupun terpaksa, kita melakukannya dengan jijik. Ketika bandel tidak mau minum obat, kita membiarkannya begitu saja meskipun tahu, akan ada hal buruk yang terjadi. Ketika makan berceceran, kita marah - marah, meskipun itu terjadi karena reflek dan koordinasi otot yang sudah tidak lagi sebagus dulu. 

Lagu Bunda Piara mengingatkan saya akan hal itu. Semoga orang tua tetap sehat, bagian kita anak - anaknya adalah menjaga agar aging process tidak berjalan dengan cepat, dan tetap mendampingi orang tua dalam kondisi apapun. 

Saya terus berdoa agar pepatah "kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang galah", tidak terjadi dalam kehidupan saya. 

Tidak ada komentar: