Laman

Minggu, 05 Juni 2016

In God We Trust

“Maka berbicaralah ia, katanya: “Inilah firman Tuhan kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman Tuhan semesta alam.”
Zakharia 4:6 TB
http://bible.com/306/zec.4.6.tb

Saya membaca tentang David Livingstone, dan saya teringat buku biografinya. 

Seorang dokter yang membuang kemewahan dan kenyamanan di Inggris dan melangkahkan kaki ke dalam ketidaknyamanan dan bahaya di Afrika. Hidupnya dipersembahkan untuk memberitakan kabar baik dan meningkatkan taraf kehidupan orang - orang yang bahkan tidak mengenalnya dan mungkin akan membunuhnya.

Semua dilakukannya karena panggilan hidup. Dan siapa yang memberikan panggilan itu sehingga ia mempunyai kekuatan untuk menantang maut ? 

Jelas bukan kekuatan manusia biasa. Hanya dengan kekuatan penyertaan Tuhan saja ia dapat melewati semua itu. 

Terkadang kita begitu mudah menyerah. Kalah dengan penolakan, lalu bunuh diri (note: mahasiswa bunuh diri karena tesisnya ditolak oleh dosennya). Tidak terima dengan kegagalan, lalu melukai orang lain. Paling menyedihkan, kalah dengan hawa nafsu lalu mencederai dan menghilangkan nyawa orang lain.

Mungkin kita tidak seperti David Livingstone yang memilih menyerahkan hidupnya dengan melayani  orang yang tidak dikenalnya. Mungkin anda seperti saya, orang biasa yang menjalani hidup dengan rutinitas harian yang terkadang, membosankan. Tapi itu pilihan kita, apakah mau tetap merasa bosan atau melakukan sesuatu yang kreatif untuk menginspirasi orang lain ? Ada banyak cara untuk itu, seperti menulis, melakukan kegiatan sosial, belajar untuk berguna bagi orang di sekitar kita.

Satu saja pegangan hidup saya, bahkan saat menghadapi saat tersulit, bahwa hanya pada Tuhan saya bisa letakkan kepercayaan saya. Kepada siapa lagi kalau tidak ?

In God we trust. 

Tidak ada komentar: