Laman

Jumat, 18 Maret 2011

Jantung Rohani

Jantung adalah organ tubuh yang sangat penting, yang mensuplai darah ke seluruh tubuh sehingga organ - organ lain dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Meskipun kita dalam kondisi tertidur, jantung tetap berdetak. Jantung tidak pernah beristirahat.

Bayangkan saja, andaikan si jantung ini mengeluh capek. Memperlambat sedikit saja dari denyutnya. Otak kekurangan suplai oksigen, tidak dapat digunakan untuk berpikir, bahkan kita akan merasa pusing. Kaki juga tidak mendapat nutrisi cukup sehingga kurang bertenaga, akibatnya kita menjadi lemas.

Atau tiba - tiba si jantung sangat giat bekerja, sehingga denyut jantung lebih tinggi dari biasanya. Kita pusing juga, karena overload tekanan darah dan volume darah ke otak. Rasa berdebar - debar yang tidak nyaman membuat kita kuatir akan kesehatan kita.

Normalnya, jantung berdetak 80 - 100 kali per menit, setiap hari, sepanjang hayat.

Saya membayangkan begitu pula dengan kehidupan spiritual kita. Apa yang menggerakkan kita untuk hidup secara spiritual ?

Hubungan pribadi yang terus - menerus dengan Tuhan, baik melalui doa yang dipanjatkan pada waktu - waktu khusus, ataupun pikiran yang terus tertaut pada kekudusan adalah kekuatan bagi kehidupan spiritual kita.

Saya harus banyak belajar menjaga jantung saya untuk tetap sehat, demikian pula hubungan pribadi dengan Tuhan juga harus saya usahakan untuk menjaga kehidupan spiritual saya tetap sehat pula.

- hamba yang tak sempurna -

Tidak ada komentar: