Laman

Senin, 18 Juli 2011

Blank and Blocking

 Pernahkah kita mengalami saat - saat "blank" ? Saat tidak tahu harus berkata apa ? Atau saat pikiran melamun sehingga tidak connect saat diajak bicara ? Blank berarti kosong, tidak ada isinya.

Saya sering mengalami "blocking" saat menghadapi situasi yang menegangkan seperti ujian ataupun menghadapi senior. Tahu apa yang harus dikatakan, tetapi tidak tahu bagaimana mengatakannya.

Biasanya blank dan blocking sering berhubungan dengan tes, ujian, baik tulis maupun lisan. Dan bila saya teliti lebih lanjut (survey kecil antar teman), penyebabnya lebih ke persiapan yang kurang, atau rasa percaya diri yang kurang. Dan saat ujian itu sudah berlalu, lancar sekali untuk membicarakan materi yang sama. Penyebab lainnya adalah pengujinya yang serem atau killer. Melihat bayangannya atau mendengar suara langkah kakinya saja membuat keringat dingin keluar.

Dalam kehidupan kita selalu menghadapi ujian. Siap atau tidak siap, kita harus menghadapinya. Bila kita blocking atau blank, hati - hati akan kegagalan yang mengintai. Karena itu persiapkan selalu nilai - nilai integritas dan moral yang benar, serta hidup bergantung kepada Allah, Sang Sumber Jawaban. Se"killer" apapun ujiannya, di dalam Tuhan kita dapat melaluinya.

Blank and blocking can be overcome through prepare and confident in God.

Tidak ada komentar: