Laman

Kamis, 11 Agustus 2011

Trust

Apa yang bisa membuat orang lain mempercayai kita ?

Sungguh menarik untuk dicermati. Biasanya kita selalu menaruh rasa curiga, berpandangan buruk tentang orang yang baru kita kenal, atau yang sudah lama tidak berhubungan dengan kita lagi. Alasan utama adalah setiap orang dapat berubah seiring berjalannya sang waktu. Lingkungan, situasi, trauma, dapat merubah hal baik menjadi buruk, dan juga sebaliknya dapat memperbaiki karakter orang tersebut.

Jarang sekali semuanya dapat dinilai dalam perjumpaan pertama. Kita membutuhkan waktu untuk mengenali kebaikan, keburukan, kelemahan, kelebihan, bahkan dari teman dekat kita sekalipun.

Hari ini saya bertemu teman lama. Sudah 18 tahun kami tidak berjumpa dan tidak ada kontak baik lewat surat, email, SMS, juga telepon. Tersanjung sekali saat bertemu dan bercerita banyak hal, sahabat masa kecil saya ini masih menaruh kepercayaan yang sama seperti 2 anak SD yang bergandengan tangan berjalan bersama menuju ke rumah sepulang sekolah.

Trust adalah sebuah hal yang tidak dapat dibeli, tidak dapat diraih dalam waktu singkat dan sangat rapuh. Sekali saja mengalami kerusakan atau gesekan, trust akan menjadi cacat dan tidak pernah bisa utuh kembali.

Hanya satu hal yang dapat membuat kita benar - benar dipercaya adalah integritas sebagai anak Allah yang hidup di dalam Firman - Nya.

Tidak ada komentar: